Thursday, April 25, 2013

Close Up Interview With Annisa Anggiana


Masih dalam rangka ulang tahun BBI yang kedua, ada kegiatan seru yang dibikin sama divisi event, yaitu Close Up Interview. Intinya, tiap anggota BBI mewawancara anggota lain tentang banyak hal, bebas. Mau spesifik soal buku ataupun mau ngulik kehidupan pribadinya juga silakan. Hehe... Tujuannya? Jelas biar sesama anggota BBI makin akrab walaupun banyak yang belum pernah ketemu di dunia nyata. 

Buat event kali ini, saya kebagian interview Mbak Annisa Anggiana, pemilik blog My Book Reviews Corner.  Sebelum wawancara Mbak Nisa, saya sudah beberapa kali berkunjung ke blog-nya. Suka deh sama review Mbak Nisa, terutama untuk buku-buku yang masuk di list "My Best Book". Saya inget di grup WhatsApp BBI Joglosemar ada yang pernah bilang kalau review-review Mbak Nisa selalu bikin orang pengen baca bukunya (sayangnya saya lupa siapa yang ngomong ini :( ) Wah, jadi grogi dong (sekaligus excited) waktu tahu bakalan wawancara Mbak Nisa. Pengen tahu seperti apa cerita tentang Mbak Nisa? Mari disimak.. :)

Ini dia Mbak Nisa, bersama Abang Ayid yang lucu! Juga kaos Bebi! :D


Sejak kapan Mbak Nisa suka baca? Apa memang dibiasakan oleh orang tua? 

Kayaknya saya suka baca dari semenjak inget bisa baca. Hehehe. Karena dulu kedua orang tua saya bekerja & jarang di rumah and kakak-kakak saya umurnya jauh, jadinya memang sama ortu dikasi temennya berupa bacaan. Buku cerita, majalah Donald Duck, bobo, Tintin, Smurf, ensiklopedi pengetahuan alam. Kelas 4 SD saya udah mulai bosen baca komik and beralih ke novel. 

Sejak kapan Mbak Nisa gabung di BBI? Bagaimana ceritanya bisa gabung BBI?

Sejak April 2011. Sebenernya saya ini orang yang nggak begitu suka punya akun social media. Jaman-jamannya tren punya akun friendster atau facebook saya tetep nggak tergerak buat ikutan. April 2011 saya coba bikin akun twitter, nggak sengaja follow @balonbiru (Nophie). Waktu Nophie ngetweet minta pendapat tentang buku saya tergerak nyamber dan jawab karena kebetulan udah baca bukunya. Rupanya Nophie buka link ke blog saya di mulitply (sekarang udah ditutup) dan ada beberapa postingan review buku disana. Nophie terus ngajak saya gabung di BBI dan dikenalin sama om Hernandi Tanzil, Mbak Fanda Kutubuku, Melisa, Mia, Ana, Astrid, Bang Helvry, Ndari, Oky, dll. Setelah keukeuh nggak punya akun fb, awal tahun 2012 akhirnya saya bikin juga demi gabung di grup BBI dan update kabar-kabar terbaru.

Apa genre favorit Mbak Nisa? Kenapa?

Overall sebenernya saya ini omnivora genre. Agak repot karena jadi segala buku mau. Hehe. Tapi kalo disuruh milih genre favorit, saya paling suka dystopian & magical realism, karena kedua genre itu selalu sukses menteleportasikan saya ke dunia lain yang unik dan sama sekali berbeda dari dunia tempat kita tinggal. Those two genre always manage to thrilled me!! Hehe.

Apa buku favorit Mbak Nisa?

Widih ini pertanyaan sulit, kayak disuruh milih anak kesayangan. Hihi. Aku kasih 5 buku favorite aja ya.
a. One Hundred Years in Solitude by Gabriel Garcia Marquez : buku pertama yang bikin saya terpesona sama magic realism
b. 1984 by George Orwell : buku dystopian paling mantep sepanjang masa.
c. And Then There were None by Agatha Christie : mysteri paling ikonik dan keren.
d. Bumi Manusia by Pramudya Ananta Toer : buku pertama yang bikin saya mengeksplorasi pengarang Indonesia.
e. Trilogi Lord of The Rings : karena ini fantasy super epik yang sampai saat ini menurut saya belum ada tandingannya.

Siapa penulis favorit Mbak Nisa?

Isabel Allende : beliau penulis genre magic realism dan sejauh ini belum ada satupun bukunya yang mengecewakan.

Waktu baca blog Mbak Nisa, aku pernah nemu komentar tentang koleksi "My Best Book" yang nggak boleh keluar rumah. Ada alasan khusus Mbak? Seperti pengalaman kehilangan buku yang paling disukai misalnya?

Hehehe.. Salah satu kesakitjiwaan saya sebagai bookaholic adalah posesif sama buku-buku yang masuk kategori buku-buku terbagus yang pernah saya baca. Itu aja sih alesannya. Hehe. [kalau mau tahu buku apa aja yang masuk list "My Best Book" versi Mbak Nisa, klik di sini]

Apa ada tokoh dari buku yang sangat mempengaruhi Mbak Nisa? Kalau ada, siapa dan kenapa?

Sejauh ini Scarlett O'Harra di Gone With The Winds. Scarlett itu manusia yang penuh dengan kekurangan dan kesalahan tapi dia juga salah satu karakter wanita yang paling kuat, tahan banting dan berkesan buat saya.

Ada pengalaman unik selama berburu buku?

Haha.. Kalau lagi pengen suatu buku biasanya saya harus dapet dengan berbagai cara. Meskipun harus beli dari situs luar yang ongkos kirimnya sama dengan harga bukunya. Hihihi... 

Kesibukan Mbak Nisa sehari-hari apa?

Saya sehari-hari kerja di BUMN. Di bagian Health, Safety & Environmental

Dengan kesibukan itu, gimana caranya biar bisa tetap baca? Apa ada
reading schedule yang ditetapkan buat diri sendiri?

Baca itu udah kebutuhan hidup buat saya. Kemana-mana di tas selalu ada buku. Begitu ada kesempatan nganggur pasti saya ambil buku and baca. Seenggaknya malem hari sesudah anak tidur pasti saya sempetin baca.

Aku belum lama tahu kalau Mbak Nisa sudah punya anak :D Ayid sekarang umur berapa Mbak? Apakah dibiasakan untuk suka baca juga?

Sekarang Ayid udah empat tahun. Dari lahir dia udah tumbuh besar di antara buku-buku saya. Saya juga selalu ajak Ayid baca buku yang sesuai untuk umurnya. Ntah nanti dia jadi penyuka buku atau tidak, yang jelas dia sudah sangat familiar hidup di antara buku. Buku kesayangannya sekarang adalah buku tentang mobil-mobil besar dan buku tentang stingray (ikan pari) favoritnya.

Terakhir, apa harapan Mbak Nisa untuk ulang tahun BBI yang ke-2?

BBI udah berkembang banget dari tempat ngumpul-ngumpul ngomongin buku & ngereview bareng jadi kumpulan yang mulai terorganisir dan banyak banget kegiatannya. Bangga banget liatnya. Harapan saya BBI bisa berkembang jadi komunitas rujukan untuk pembaca di Indonesia yang mencari tau tentang suatu buku tapi juga tetap bisa menjaga tujuan awal yaitu kecintaan terhadap membaca dan menulis review.

Makasih Mbak Nisa buat sesi wawancaranya. Bener memang bacaannya Mbak Nisa beragam banget. Semoga Mbak Nisa bisa terus baca buku dan nulis review untuk blog di tengah kesibukannya (kabarnya ni banyak yang kangen sama review-review yang ditulis Mbak Nisa :D ) Salam buat Ayid yang lucu dan ngegemesin, hehe... Untuk Anda para pembaca, saya punya oleh-oleh dari Mbak Nisa....

Quote favorit Mbak Nisa, yang anehnya justru dari buku yang belum pernah dibaca :D

Dan ini dia, koleksi buku-buku Mbak Nisa (yang rapi dan bikin si pewawancara pengen liat satu-satu judulnya, haha..) : 




Sekian wawancara saya dengan Mbak Nisa. Mau tahu lebih banyak lagi? Silakan berkunjung ke My Book Reviews Corner. Akhirnya, makasih juga buat divisi event yang sudah bikin kegiatan seru ini. :))

Ps:
Untuk event ini, saya diwawancara oleh Tika @Edensor Dreamer. Bagi yang mau baca silakan klik di sini.
Mau baca hasil wawancara teman-teman BBI lainnya? Silakan kunjungi link-link yang ada di postingan ini

14 comments:

  1. Reviewnya Mbak Annisa emang keren-keren... >____<

    Btw, itu bookcase-nya bikin ngiler... *cepet2scrolldown

    ReplyDelete
  2. Aaaaaak, bookcase-nya rapi bangeeet!

    ReplyDelete
  3. rak bukunya rapi, koleksinya bikin ngiler :)

    ReplyDelete
  4. bukunya mba Annisaaaaaa yaampuuunn >,< bikin super iri!!!! hahaha

    Aku juga setuju kalo 1984 itu buku dystopian sepanjang masa!

    ReplyDelete
  5. @Tika: aku juga suka baca reviewnya Mbak Nisa. Seneng-seneng pengen ya liat rak buku kaya begitu, hehe...

    @Linda: Setuju! Suka deh liatnya..

    @Mbak Nannia: Iyaa, kira-kira ada berapa buku tu ya? Hehe....

    @Ana: Pasti koleksi Ana juga banyak banget! Aku malah belum baca 1984, hehe...

    ReplyDelete
  6. ngiler abis lihat koleksi bukunya teh nisa

    ReplyDelete
  7. Teh Nisa itu emang reviewnya selalu bikin orang tergerak baca bukunya. Tiap kali ke blog Teh Nisa pasti wishlistku nambah

    ReplyDelete
  8. weisss..bisa nanti nih kopdar di bandung ngeliat perpusnya teh nisa :)

    ReplyDelete
  9. Aku salah satu yg selalu tergoda oleh reviewnya teh Nisa :))

    ReplyDelete
  10. Rak bukunya Nisaaaaaa!!! *mupeng* *pasangemotshockWA*

    ReplyDelete
  11. mbakkkkkkkk, lemarinya bikin ngiler.
    aku suka reviewnya mbak Nissa, terlebih buku-buku yang dibaca keren-keren, pengen banget baca sayangnya mayoritas buku luar, hiks

    ReplyDelete
  12. Semuanya mupeng liat rak buku Mbak Nisa!! *saya juga, haha*
    Mbak Nisaa, banyak ni yang nunggu review terbarunya :))

    ReplyDelete
  13. ahhh jadi pengen beli `1 rak buku besar

    salam kenal ya Nisa dan Lulu

    ReplyDelete