Monday, April 29, 2013

[Review] The English Roses

Judul: The English Roses
Penulis: Madonna
Ilustrator: feffrey Fulvimari
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Kedua, Februari 2005

Oh, I looovee this book!! Mulai dari ceritanya, ilustrasinya, humornya, pesannya, semua suka!!

*Note: Maaf ya, review ini mengandung spoiler, bukunya memang tidak terlalu tebal. Saya yakin walaupun sudah tahu jalan ceritanya pasti kalau baca sendiri tetep asik :D



English Roses bisa dibilang geng cewek-cewek yang paling populer. Siapa sih yang nggak kenal mereka? Cantik, suka nyanyi, suka nari, selalu pergi berempat. Yup, inilah anggota English Roses, Nicole, Amy, Charlotte, dan Grace.




Tapii, ada satu hal yang bikin English Roses sebel. Seorang gadis bernama Binah. Kemana-mana Binah pergi pasti orang-orang bilang Binah pinter, Binah baik, Binah cantik, Binah ini dan itu. English Roses sebel karena tahu semua itu benar. Mereka memilih untuk tidak mendekati Binah. Mereka beranggapan Binah pasti pasti bakalan sombong karena semua orang suka padanya. Kalau Binah lewat mereka pura-pura tidak kenal.


suka banget sama ekspresi para English Roses!
Suatu hari, English Roses menginap di rumah Nicole. Ibu Nicole menasihati mereka berempat untuk mengajak Binah main. Kasihan selama ini Binah terlihat tidak punya teman. English Roses cuma saling berpandangan mendengar nasihat ibu Nicole. Tak lama kemudian, mereka pergi tidur.

Ternyata mereka bermimpi sedang berpiknik di sebuah lapangan yang luas. Tiba-tiba seorang ibu peri datang bergabung. Hihi, ini ibu peri kocak sekali. Selera humornya tinggi :p Ibu peri menawari mereka untuk merasakan jadi orang lain. Setelah ngobrol, akhirnya mereka memutuskan pergi ke rumah Binah. English Roses penasaran seperti apa sih Binah sehari-hari. 

Kehidupan Binah tidak seperti bayangan mereka. Ternyata Binah harus melakukan banyak pekerjaan rumah: menyapu, mengepel, juga memasak. Ia hanya tinggal berdua dengan ayahnya. Duh, English Roses jadi merasa bersalah. Selama ini mereka menjauhi Binah dan menganggapnya sombong. Tapi ini cuma mimpi kan? Akhirnya akan seperti apa yaa?


Ternyata, happy ending! Yeay! :D
Saya menutup buku ini dan tidak bisa berhenti tersenyum. Betapa saya suka cerita, karakter, ilustrasi, dan lainnya tentang buku ini. Kalau dibaca sekilas mungkin kesan yang didapat cewek-cewek English Roses ini populer, cantik, dan sombong yaa... Tapi saya yang membaca bukunya juga nggak bisa benci sama cewek-cewek English Roses ini. Mereka tidak sombong (apalagi jahat). Mereka hanya sempat iri pada Binah. Dan siapa sih yang nggak pernah iri? Dari buku ini saya seperti melihat sifat anak-anak yang sebenarnya. Mereka senang bergaul, suka bermain, juga membentuk lingkaran persahabatan. 

Saya juga suka pada humor-humor yang diselipkan di buku ini. Salah satunya tentang ibu peri. Biasanya ibu peri digambarkan sebagai sosok yang cantik, lembut, dan sabar. Dalam buku ini, ibu perinya ehm... asik!! Waktu pertama kali datang bisa-bisanya si ibu peri duduk di atas kue cokelat? Kalau sedang berbicara dan anggota English Roses ini menyahut, ibu peri bakal cepet-cepet bilang, "dan jangan potong ucapanku!" Haha, suka banget deh sama ibu peri ini.


Ibu peri yang kocak :)

Salah satu adegan favorit. Ibu perinya grusah-grusuh, akhirnya duduk di atas kue cokelat :D
Setelah jalan cerita, karakter, ilustrasi yang keren, English Roses juga mengandung banyak pesan untuk anak-anak. Bahwa anak-anak (dan orang dewasa) tidak boleh melihat seseorang dari penampilannya saja. Sebelum kita tahu seperti apa orangnya, jangan berpikiran jelek dulu. Nanti bisa-bisa jadi seperti English Roses yang menyesal pada akhirnya. Don't judge a book by its cover (tapi tapi, kalau untuk buku beneran saya sering banget judge by the cover, hehe... -_- )

Satu lagi yang mengejutkan tentang English Roses, ternyata buku ini ditulis oleh Madonna. Iya, Madonna yang penyanyi itu. Saya baru tahu kalau Madonna juga menulis buku anak-anak. Setelah jatuh cinta dengan English Roses, saya jadi penasaran ingin membaca buku Madonna yang lain. Daftar buku yang sudah ditulis Madonna bisa dilihat di sini. Akhirnya, 5/5 bintang untuk cewek-cewek English Roses, Binah, dan si ibu peri!!

Posting untuk:
- Posting bareng Blogger Buku Indonesia Bulan April, dengan tema buku tentang perempuan atau yang ditulis untuk perempuan, untuk merayakan Hari Kartini. (Review member BBI lainnya bisa dilihat di sini)

Ps: Saya memilih buku ini karena selain ditulis oleh perempuan, karakter yang ada di buku ini semuanya perempuan. Selain itu, ceritanya berkisar pada pengalaman yang sangat mungkin dialami oleh para remaja perempuan. Pesan-pesan yang tersirat dalam buku ini juga sangat mengena untuk keseharian para remaja.

Juga untuk:
Saya merekomendasikan buku ini dibaca anak-anak di atas delapan tahun, karena bahasanya mudah dimnegerti dan disertai ilustrasi menarik.

12 comments:

  1. illustrasinya unik tapi keren

    ReplyDelete
  2. @Mas Tezar: Iya mas, ilustrasinya penuh dengan warna. Suka banget!

    ReplyDelete
  3. aku pengeeeen...dari dulu pengen koleksi seri ini, karena covernya warna warni sekali, trus penasaran sama tulisan madonna. baca review ini jd makin mupeng~

    ReplyDelete
  4. @Mbak Astrid: baguuuss banget Mbak!! Pengen baca tulisan-tulisan Madonna yang lain, tapi sayangnya baru nemu satu ini. Ini juga pinjem, hehe.. Semoga Mbak Astrid cepet dapet ya buat dikoleksi :)

    ReplyDelete
  5. Ya ampun, nemu di mana buku ini, Lu? Aku udah lama nyarinyaa

    ReplyDelete
  6. @Mbak dewi: Di Taman Bacaan Bledug Mrapi Mbak.. #sekalian promo. haha... Aku kan jaga di sana. Tapi baru nemu buku ini nih, penasaran pengen baca yang lainnya...

    ReplyDelete
  7. eh yang nulis ini madonna? madonna yang penyanyi itu?

    ReplyDelete
  8. @Ziy: iya, Madonna yang penyanyi itu. Aku juga baru tahu kalau Madonna nulis buku, hehe...

    ReplyDelete
  9. Lucu bangeeeeeet :3 AAAAAAA *histeris sok imut
    hehehe
    diriku baru tau tentang madonna menulis.

    ReplyDelete
  10. Haha, biar imut kaya English Roses :p
    Iyaa, aku juga baru tahu Madonna nulis dari buku ini...

    ReplyDelete
  11. aku cari buku ini sdh nggak ada di toko buku ada yg bisa bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di toko buku sepertinya sudah nggak ada. Bisa coba cari di lapak-lapak buku second

      Delete