Thursday, February 28, 2013

[Review] Di Tepi Sungai Plum


Judul: Di Tepi Sungai Plum
Judul asli: On the Banks of Plum Creek
Penulis: Laura Ingalls Wilder
Penerbit: BPK Gunung Mulia
Tebal: 297 hlm
Cetakan ke: 2, 1982

Dalam serinya kali ini, diceritakan Laura dan keluarganya telah pindah rumah. Kali ini, mereka tinggal di rumah bawah tanah, sebuah pengalaman baru bagi Laura. Kehidupan Laura belum banyak berubah, ia masih sering membantu Ma mengerjakan tugas-tugas di rumah. Namun, di tengah cerita kita akan dibawa untuk melihat sekolah baru Laura. Ya, dalam seri ini diceritakan Laura dan Mary mulai bersekolah.

Jangan bayangkan menemukan sekolah sudah semudah sekarang. Laura dan Mary harus berjalan kaki cukup jauh untuk mencapai sekolah mereka. Untungnya Pa dan Ma sangat mendukung mereka berdua. Di sekolah, Laura dan Mary bertemu dengan orang-orang baru. Mereka dengan cepat dapat berteman, tapi ternyata tidak semua siswa dapat dekat dengan keduanya. Maka dimulailah beberapa konflik kecil antara Laura, Mary, dan teman-teman sekolah mereka ini.

Menarik untuk mengikuti perjalanan Laura tumbuh dewasa. Awalnya, ia seorang gadis cilik yang penuh dengan rasa ingin tahu. Seiring pertambahan usianya, Laura mengalami beberapa konflik layaknya gadis cilik lainnya. Merasa tidak cocok dengan teman sebaya, berusaha menunjukkan sisi terbaik dirinya, bahkan membela keluarga di depan teman-teman. Membaca kisah Laura seakan melihat seorang gadis cilik yang tumbuh perlahan-lahan setiap harinya.

Masih sama dengan buku pertamanya, seri Little House ini dihiasi dengan ilustrasi yang begitu indah dari Garth Williams. Ciri khas lainnya adalah penjelasan yang detail untuk setiap kegiatan yang dilakukan Laura maupun anggota keluarga lain. Oleh karena itu, rekomendasi saya pun tetap sama. KIsah Laura ini cocok untuk dibaca siapa saja, terutama bagi siswa SD untuk berlatih membuat deskripsi. Akhirnya, 4/5 bintang dari saya untuk buku ini!

Review ini diikutkan dalam Fun Year With Children's Literature host by Bacaan Bzee dan Little Alice's Garden. Yang mau tahu lebih banyak klik gambar berikut :)


2 comments:

  1. Ahh, buku ke-4 ini lucu sekali, terutama karena rumah mereka di bawah tanah :D Dulu waktu kecil sempat punya cita-cita hidup seperti laura, pindah-pindah rumah yang berbeda-beda, asyik banget kelihatannya :D
    Ijin ambil link-nya buat list review event Read-A-Long ya mbak Lulu

    ReplyDelete
  2. Iya Mbak Maria, silakan link-nya diambil. Kemarin lupa mau masukin link-nya, hehe...

    ReplyDelete