Thursday, February 28, 2013

[Bercerita Buku] The Marvelous Land of Oz


Judul: The Marvelous Land of Oz
Penulis: L. Frank Baum
Alih bahasa: Justine Tedjasukmana
Penerbit: Atria
Tebal: 234 hlm
Cetakan: Pertama, Januari 2012

Note: disarankan membaca The Wizard of Oz terlebih dahulu, karena buku ini semacam kelanjutan dari kisah tersebut :)

Dalam The Wizard of Oz, kita disuguhi petualangan Dorothy bersama Boneka jerami, Tin Woodman, Lion, dan Toto. Kali ini, perjalanan akan dilanjutkan oleh seorang anak laki-laki bernama Tip. Sejak kecil, Tip tinggal bersama seorang penyihir bernama Mombi. Suatu hari, Mombi pergi ke pasar untuk beberapa hati. Tip memiliki ide jahil untuk membuat orang-orangan dari kayu dan labu untuk menakut-nakuti Mombi. Dengan kemampuan seadanya, akhirnya Tip berhasil membuat orang-orangan tersebut. Ia pun meletakkan orang-orangan itu di jalan yang akan dilewati Mombi. Namun, alangkah kecewanya ketika Mombi sama sekali tidak takut pada orang-orangan buatan Tip. Di luar dugaan, Mombi justru membuat orang-orangan itu menjadi hidup dengan serbuk ajaib yang ia dapat dari seseorang.

Itulah awal pertemuan Tip dengan Jack, si Manusia Labu. Takut dengan hukuman yang akan diberikan Mombi, Tip mengajak Jack melarikan diri. Tak lupa Tip mengambil serbuk ajaib yang digunakan Mombi untuk menghidupkan Jack. Di tengah perjalanan Tip bereksperimen dengan serbuk ajaibnya untuk membuat kuda kayu menjadi hidup. Itulah teman baru mereka. Bersama-sama mereka pergi ke Kota Zamrud yang kini dipimpin oleh Boneka Jerami. Perjalanan mereka menemui Boneka Jerami tak sepenuhnya lancar. Tip terpisah dengan teman-temannya hingga ia justru bertemu dengan Jenderal Jinjur berserta para pasukan. Jenderal Jinjur ini seorang gadis muda cantik, lemah lembut, tapi memiliki niat untuk merebut Kota Zamrud. Begitu pula dengan pasukan-pasukannya. Tebak apa yang menjadi senjata andalan mereka? Jarum jahit!

Bagaimana kisah selanjutnya, berhasilkah Jenderal Jinjur dan pasukannya merebut Kota Zamrud? Jawabannya tentu ada di buku ini. Yang pasti, bagi yang sudah membaca The Wizard of OZ, kisah The Marvelous Land of Oz akan membuat kita bernostalgia dengan tokoh-tokoh kesayangan dalam buku sebelumnya. Meski tidak semua tokoh hadir lagi di sini. Menyenangkan melihat bagaimana Boneka Jerami dan Tin Woodman bertemu kembali. Jangan lewatkan pula kejutan dari Tip di akhir cerita ;)

Baik The Wizard of Oz maupun The Marvelous Land of OZ merupakan kisah favorit saya. Kisah klasik yang bisa dibaca sepanjang waktu. Karakter-karakternya unik. Saya selalu kagum dengan cara Baum menciptakan karakter yang kuat dalam karyanya. Setiap karakter memiliki kecenderungan tersendiri, memiliki kelebihannya masing-masing. Tak hanya itu, karakter yang diciptakan pun memiliki nilai yang dapat dicontoh oleh anak-anak, seperti setia kawan, berpengetahuan luas, dan berhati tulus.

Selain dari segi karakter, saya juga selalu dibuat takjub dengan alur cerita yang dibuat Baum. Petualangan yang seru, tapi juga lucu, dan menyenangkan untuk diikuti. Petualangan yang tidak membuat kita mengerutkan dahi untuk memahami. Sebaliknya, kita justru akan tertawa membaca alur cerita yang dipilih oleh Baum.

Cerita yang menyenangkan, karakter dengan sifat-sifat yang dapat dicontoh membuat buku ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca anak-anak. Dengan alur cerita yang mudah diikuti, kisah ini cocok untuk dibaca oleh anak usia 10 tahun ke atas, mengingat bukunya cukup tebal. Dari saya sendiri, buku ini mendapat 5/5 bintang. Sempurna!

Review ini diikutkan dalam Fun Year With Children's Literature host by Bacaan Bzee dan Little Alice's Garden. Yang mau tahu lebih banyak klik gambar berikut :)



No comments:

Post a Comment