Wednesday, January 9, 2013

[Review] 33 Pesan Nabi: Jaga Hati, Buka Pikiran

Judul: 33 Pesan Nabi Volume 2: Jaga Hati, Buka Pikiran
Penulis: vbi_djenggoten
Penerbit: Zaytuna
Tebal: 153 hlm
Cetakan: Keempat, Juli 2012

Setelah sebelumnya belajar hadis lewat 33 Pesan Nabi Volume 1, saya lanjut cari volume keduanya. Isinya tentu saja masih menarik untuk diikuti. Sekali baca, langsung ketahuan/ kerasa bedanya dengan buku pertama. Di buku kedua ini penulis lebih banyak menceritakan ilustrasi yang panjang, jadi dalam satu cerita kita bisa belajar dua sampai tiga hadis sekaligus. Selain itu, makin banyak renungan termasuk tentang kehidupan pribadi penulis sendiri. Semuanya tetap dikemas dalam kisah-kisah yang lucu, konyol, dan kadang bikin terharu juga.

Salah satu hadis yang baru saya tahu, padahal ngalamin sehari-hari:
Dari Abu Hurairah RA, Dari Nabi SAW. beliau bersabda: "menguap itu dari setan. Maka apabila seseorang di antara kamu menguap, hendaklah ditahannya sedapat mungkin. Sesungguhnya jika seorang di antara kamu mengatakan 'ha' lantaran menguap, tertawalah setan." (HR. Bukhari)













Tidak ketinggalan, fenomena blackberry bisa aja dihubungkan dengan agama. Tapi ini contoh dari penulis saja, karena inti yang ingin disampaikan kita tidak boleh berlebihan dalam bicara, juga membuang-buang harta. Jadi sebenarnya bisa diterapkan dalam hal apa saja yaa.. Tetep aja, mesti harus pakai senyum-senyum kalau baca bagian ini:



Selebihnya, komik ini berbicara masalah sehari-hari yang kadang kita sadar maupun nggak sadar, harus diwaspadai. Ternyata banyak ya kegiatan sehari-hari yang bisa nyerempet ke hal-hal kurang baik, bahkan humor di televisi. Kita bisa pula menyimak pengalaman pribadi dari penulis sendiri yang bisa dibilang, bikin dilema. Dan ah, belajar tentang prasangka yang kadang menyesatkan. 

Banyak renungan yang bisa ditemukan dalam cerita tentang bos penulis yang awalnya hobi berfoya-foya, tapi tiba-tiba rajin sholat dan puasa. Kata kuncinya bisa ditemukan di komik ini. Juga kisah bapak kos penulis, mulai dari awalnya kaya raya, terjun ke dunia politik, hingga jatuh bangun memperbaiki diri. Menarik untuk diikuti, apalagi sang istri selalu setia menemani. Tak lupa, penulis selalu menyelipkan hadis-hadis yang berkaitan, baik di tengah maupun akhir setiap kisah. 

Kesan yang saya dapat? Tetap, buku ini jadi alternatif yang menyenangkan untuk belajar ilmu agama. 5 bintang! :)

2 comments:

  1. wah, bisa jadi alternatif buat bacaan anak-anak ini ya.. ^^
    kan klo mereka mbaca Riyadhus Shalihin dan sejenisnya masih "keberatan" tuh..

    ReplyDelete
  2. iyaa, di beberapa tema emang bisa jadi bahan belajar buat anak-anak. menurutku ini cocok dibaca semua umur :D

    ReplyDelete