Monday, May 20, 2013

#surprisegiveaway Aruna: Berpetualang Bersama Buku


Mengapa saya mencintai buku? Saya selalu bingung kalau mendapat pertanyaan itu. Saya masih sangat ingat bacaan pertama saya. Majalah Bobo yang dibelikan ibu. Iya, kelinci biru yang pasti sangat akrab juga dengan teman-teman. Sejak Bobo pertama yang saya miliki, saya selalu menanti-nantikan ibu membawa Bobo sepulang dari pasar. Ketika masih duduk di bangku TK, saya selalu senang kalau guru saya sudah mulai mengeluarkan buku bacaan. Deretan huruf dengan gambar berwarna-warni selalu berhasil menarik perhatian.

Mengapa saya mencintai buku? Buku selalu bisa jadi teman, tentu saja. Misalnya saat bosan menunggu, saya bisa memilih mau ditemani siapa saat itu. Saya bisa ikut Alice pergi ke Wonderland. Masuk lewat lubang kelinci dan bertemu banyak makhluk fantasi. Atau saya bisa memilih untuk ikut dalam petualangan Tom Sawyer. Sambil sesekali geleng-geleng kepala melihat kebandelan anak itu. Oh, jangan lupa juga masih ada Pinokio si boneka kayu. Dia akan mengajak kita berkenalan dengan Geppetto, ayah yang sangat baik hati. 

Banyak orang yang menyukai hujan. Mungkin rintiknya membawa ketenangan. Atau aroma tanah yang basah selalu menyenangkan. Tak jarang hujan membawa suasana sendu. Ah, kalau sudah begitu, buku-buku romance selalu ampuh jadi teman. Kita bisa ikut larut dalam kisahnya yang sendu. Atau justru tertawa terbahak-bahak membaca kisah pasangan yang menggemaskan. Bisa juga kita terharu hingga ikut menangis. Sementara hujan memaksa kita tetap diam, kita tetap bisa berkelana bersama buku di tangan.

Masa-masa sekolah tentu jadi kenangan yang tak terlupakan. Jika ingin bernostalgia, atau sekadar mengintip masa remaja, buku juga bisa jadi mesin waktu. Novel-novel teenlit banyak bertebaran. Mungkin kita bisa bertemu kenangan putih abu-abu di sana. Atau tersenyum saja membaca kisah para remaja. Kita juga bisa ikut bersekolah di tempat yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Belajar transfigurasi dan mengenal hewan gaib bersama Harry Potter. Ikut pesta tengah malam bersama Darrell di Malory Towers. Buku bisa membawa kita jalan-jalan ke mana saja.

Jadi, kenapa saya mencintai buku? Ya, buku bisa jadi teman kapan saja. Buku bisa menemani kita bernostalgia dan mengajak kita jalan-jalan ke tempat yang tak pernah dibayangkan. Buku-buku itu tak pernah lelah menceritakan banyak kisah. Membawa kita berpetualang dalam berbagai suasana. Yang pasti, buku bisa membuat saya belajar banyak hal. Tidak diragukan lagi, saya selalu senang kalau ada buku di tangan. :)



* Tulisan ini dibuat untuk mengikuti surprise giveaway dari Aruna Omah Buku dalam rangka ulang tahunnya yang pertama.

2 comments:

  1. wow koleksimu bikin ngiler :)) banyak bukunya madame Jaqcueline Wilson tuhh hihihihi

    ReplyDelete
  2. tapi belum semua dibaca *ngumpet* mesti koleksi ana lebih banyak lagi ni, hihi...

    ReplyDelete