Friday, December 14, 2012

[Review] 33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut

Judul buku: 33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut
Penulis: vbi_djenggoten
Penerbit: Zaytuna
Tebal: 126 hlm
Cetakan VII, Juli 2012

Berkesan dan menyenangkan, dua kata tersebut saya rasakan setelah selesai membaca buku ini. Penjelasan hadis Bukhari-Muslim yang ringan dan sangat enak dibaca, serta dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dijamin, dalam buku ini tidak akan ditemukan kata-kata sulit yang membuat kita mengerutkan dahi untuk berpikir. Justru kita akan dibuat tertawa, terharu, kemudian #jleb, tersindir. 

Buku ini merupakan komik berisi kisah sehari-hari yang berkaitan dengan hadis-hadis riwayat Bukhari-Muslim. Kalau dibaca sekilas, tema-tema yang diangkat sangat dekat dengan keseharian kita. Namun, karena telah menjadi rutinitas, terkadang kita tidak sadar bahwa sikap-sikap kita selama ini kurang sesuai. Nah, komik ini hadir untuk mengingatkan kita, bahwa hal-hal kecil tidak seharusnya dianggap sepele. Bahwa selalu ada yang bisa diperbaiki dari rutinitas kita sehari-hari. Komik ini banyak berbicara seputar masalah sosial, seperti hubungan dengan tetangga, rekan kerja, dan teman sepermainan. Banyak juga kisah-kisah yang menyindir fenomena sosial di Indonesia saat ini. Namun, sindirannya tidak terkesan kasar, justru mengharukan, terkadang pula konyol.

Untuk yang penasaran, saya sertakan beberapa contoh komik yang terdapat di buku ini. Contoh-contoh ini semuanya saya ambil dari blog penulis. (klik untuk perbesar gambar)


Ini contohnya yang saya bilang dekat dengan kehidupan sehari-hari

Merasa akrab dengan fenomena semacam ini?

Semoga bukan pemimpin Indonesia :)

Masih banyak kisah-kisah lainnya yang terdapat di komik ini. Bagi saya, komik ini jadi cara yang efektif untuk belajar hadis dengan cara yang menyenangkan. Terima kasih untuk penulis, saya suka sekali buku ini. Tidak ragu-ragu, 5 bintang untuk 33 Pesan Nabi. Ada buku volume kedua juga lhoo...Tapi saya belum baca, mari menabung! :D

3 comments:

  1. Haha..lucu jadi ngga terkesan menggurui ya. Blogwalking, salam kenal..

    ReplyDelete
  2. Ani: iya, malah bacanya sambil ketawa2, belajar agama jadi lebih menyenangkan. Salam kenal juga, makasih udah mampir :)

    ReplyDelete
  3. nggak membosankan jadinya belajar dengan cara begini, biasanya kan membaca tanpa gambaran apalagi ini tentang hadist nabi. Jadi penerbit pintar juga mengemasnya

    ReplyDelete